Walau Retro Tetapi Sarat Teknologi

Siapa yang tidak terkesima dengan model kendaraan ini? Desainnya yang unik (lebih tepat disebut klasik) dan ukurannya yang kompak, membuat Mini Cooper John Cooper Clubman sangat cocok dibawa oleh kaum muda, pembaca CHIP. Namun, tidak hanya desain dan body. Teknologi di dashboard yang diusungnya mampu membuat banyak orang berdecak kagum. Masuk ke dalam kabin me lalui pintu pengemudi, Anda langsung diha dapkan pada sistem kunci elektronik untuk meng hidupkan mesin. Kunci elektronik yang berbentuk bulat ini, Anda masukkan ke dalam slot kunci di samping kanan kemudi. Injak pedal rem lalu tekan tombol “Start and Go”, kendaraan pun langsung menyala dengan suara mesin yang cukup keras, layaknya sebuah mobil sport.

Sistem Multimedia

Salah satu kelebihan Mini Cooper adalah Mini Connected. Feature merupakan bagian dari sistem Multi Information Display yang ada di tengah dashboard. Dengan bentuk bulat bergaya retro yang berada di tengah dashboard, Anda bisa mengakses sistem informasi ini melalui sebuah tombol navigasi yang berada di konsol tengah. Putar ke kiri atau ke kanan untuk memilih menu. Tekan untuk masuk ke dalam menu yang dipilih. Di sekitarnya terdapat speedometer yang melingkar di sekitarnya.

Untuk mengakses Mini Connected secara maksimal, Anda harus menghubungkannya dengan aplikasi yang sama di perangkat iPhone. Untuk itu, selain port USB yang ada di konsol tengah, disediakan juga iPod/iPhone Connector untuk mengintegrasikan iPhone dengan aplikasi yang ada di dalam kendaraan. Sinkronisasi dapat dilakukan antara iPhone dan sistem informasi di kendaraan. Jadi, berbagai data kendaraan bisa Anda baca di smartphone walau tidak terhubung ke kendaraan sekalipun.

Satu lagi keunggulan dari Mini Connected ini adalah layanan radio online SiriusXM yang tentu menyediakan banyak stasiun favorit untuk Anda. Bagi Anda yang gemar mengupdate status Facebook, Twitter, dan Foursquare, Anda juga bisa melakukannya dari feature unggulan ini. Dalam sistem informasi kendaraan ini, selain Mini Connected, ada sekitar enam feature lain yang berguna untuk memandu pengemudi dalam berkendara.

Vehicle Information misalnya. Di sini Anda bisa membaca hasil deteksi mesin, oli, hingga kapan waktu servis berikutnya bisa Anda ketahui dengan pasti, termasuk tekanan angin di keempat rodanya. Konsumsi bahan bakar bisa dihitung dari data jarak yang ditempuh. Di sini, sistem juga bisa mengalkulasi kapan waktu tiba di tempat tujuan berdasarkan waktu keberangkatan. Tentu saja, hal ini berlaku dengan kondisi jalan raya yang normal.

Selain itu, ada juga radio, CD audio, setting, dan kontak alamat. Bagaimana dengan audio? Sistem tata suara enam speaker dari Harman Kardon cukup mengagumkan. Detail dari audio bisa didengar di telinga Anda. Sistem audionya juga bersifat dinamis. Saat laju kendaraan kencang, volume akan meningkat dengan sendirinya.

Teknologi untuk Berkendara

Untuk melaju di jalan raya, ada dua mode yang bisa Anda gunakan, yaitu normal dan Sport. Mode Sport tentu saja membuat tenaga mesin bertambah untuk meningkatkan akselerasi kendaraan. Teknologi lainnya yang sudah menjadi kelengkapan standar, seperti sensor parkir, sensor wiper, ABS, EBD, dan masih banyak lagi, sudah tentu ada pada kendaraan ini.