Varian Mobil BMW Baru yang Dinantikan Bagian 2

BMW SERI-2 GRAN TOURER

Inilah salah satu spesies menarik dari BMW. Saudaranya sudah lebih dulu hadir dengan titel Seri-2 Active Tourer dan kini Seri-2 bakal muncul lagi dengan nama Gran Tourer. Seperti Active Tourer yang berpenggerak roda depan (BMW pertama yang berpenggerak roda depan), Gran Tourer juga mengaplikasi front wheel drive. Tak kalah unik, Gran Tourer pun mengadopsi format bangku 7 penumpang yang menjadikannya BMW pertama di segmen kompak yang berkapasitas 7 orang.

Terlihat seperti MPV, kami justru menyukainya karena jadi terkesan istimewa jika dibanding BMW yang lain. Parasnya cantik dengan proporsi ideal meski bodinya secara prinsip adalah Seri-2 Active Tourer yang dimelarkan. Secara dimensi, bertambahnya kapasitas penumpang jadi 7 orang tentu berkat pemelaran bodi. Gran Tourer lebih panjang 214 mm secara dimensi bodi begitu juga wheelbase yang lebih melar 110 mm. Sementara tingginya meningkat 53 mm dari Active Tourer. Bobot juga lebih berat 75 kg. Di literaturnya, 218i Gran Tourer menggunakan mesin 3 silinder turbo 1.500 cc. Mesin ini memproduksi 136 dk dan torsi 220 Nm. Nantinya, besar kemungkinan 218i Gran Tourer ini akan dipadu dengan transmisi otomatis 6 percepatan.

MINI JOHN COOPER WORKS

PT BMW Indonesia memberi kisi-kisi bahwa ini merupakan MINI terkuat yang pernah ada. Jika benar begitu maka prediksi paling rasional adalah John Cooper Works (JCW). JCW terbaru nanti akan dibekali mesin 2.000 cc turbo. Mesin ini terhitung sangat perkasa karena merilis daya 228 dk dan torsi 320 Nm. Untuk pasar Indonesia, kemungkinan besar transmisi yang digunakan adalah girboks otomatis 6 percepatan.

Eksterior memakai model hatchback kupe beratap keras (hardtop). Namun tentu dengan sejumlah detail yang membuatnya terlihat lebih sangar. Misalnya roda dengan diameter 17 inci. Sementara di interior jok semi bucket tak hanya terlihat keren tapi juga mestinya andal membekap tubuh saat bermanuver. Jika benar ini yang dimaksud, maka MINI JCW akan menjadi pemuas dahaga penggemar hot hatch di Indonesia. Ia pun akan menjadi penantang kuat VW Golf GTI yang legendaris itu.