Pentingnya Beli Rumah Dari Pengembang Anggota Asosiasi

Rasa was-was muncul ketika membeli rumah inden atau rumah yang dipesan dari pengembang, tetapi belum ada bangunan fisiknya. 2erlebih Hika pengembang tersebut tidak cukup ternama dan belum banyak memiliki proyek. Mengunjungi dan melihat langsung lokasi proyek perumahan bisa jadi cara jitu untuk memastikan rumah yang Anda beli bukanlah proyek fiktif dari pengembang nakal.

Akan tetapi, masalah tidak selesai hanya sampai disitu. Risiko lain seperti pembangunan rumah yang mogok di tengah jalan atau masalah legalitas tanah yang rupanya masih bersengketa bisa saja terjadi. Sebagai konsumen, Anda berhak tahu detil proyek perumahan yang sedang dibangun sehingga memberi rasa aman. Lalu, adakah cara lain agar terhindar dari masalah seperti ini?

Selain menelusuri sendiri proyek terdahulu dari pengembang yang Anda pilih, pastikan juga pengembang tersebut menjadi anggota asosiasi perumahan. Karena dengan masuk sebagai anggota asosiasi, riwayat pengembang akan diketahui lebih detail dan sebagai konsumen, Anda akan memiliki perantara jika suatu saat terjadi masalah dengan pengembang.

ASOSIASI PERUMAHAN DI INDONESIA

Saat ini di Indonesia terdapat dua asosiasi besar yang mengumpulkan para pengembang perumahan, yaitu APERSI (Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia) dan REI (Real Estat Indonesia). Bagi pengembang, menjadi anggota asosiasi akan membantunya dalam hal menjalin hubungan dengan pemerintah. Asosiasi perumahan akan menjadi wadah aspirasi pengembang dan perantara antara program pemerintah dengan pengembang.

Dalam program rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) misalnya. Asosiasi perumahan menjadi mitra pemerintah dalam pembangunan rumah MBR, dan asosiasi bisa menginfokan ke pengembang. Selain itu, asosiasi perumahan juga bisa jadi tolok ukur perkembangan properti di Indonesia. Karena, asosiasi akan tercatat berapa banyak anggota yang masuk dari tahun ke tahun serta proyek apa saja yang dibangun pengembang.

TERPERCAYA KARENA REKOMENDASI

Untuk menjadi anggota asosiasi, pengembang harus memenuhi beberapa persyaratan. Misal, untuk menjadi anggota REI, pengembang harus memenuhi persyaratan paling penting yaitu rekomendasi dari dua pengembang lain yang sudah menjadi anggota REI. Menurut ketua DPD REI DKI Jakarta, Amran Nukman, rekomendasi tersebut sangat penting untuk mengetahui rekam jejak sebuah pengembang.

Dari rekomendasi tersebut, asosiasi akan mengetahui rekam jejak orang-orang kunci atau petinggi dari pengembang tersebut. “Calon anggota yang integritasnya diragukan atau bahkan sudah terbukti tidak baik tentu tidak ada perusahaan anggota REI DKI yang bersedia merekomendasikannya untuk menjadi anggota,” kata Amran.

JIKA TERJADI MASALAH

Membeli rumah dari pengembang yang terdaftar dalam asosiasi juga akan memudahkan Anda jika suatu saat terjadi masalah. Misal, pengembang tidak bisa memenuhi janji pembangunan rumah yang sudah Anda bayarkan. Anda bisa melaporkan masalah ini ke asosiasi tempat pengembang tersebut menjadi anggota. Anda bisa mengirimkan surat ke kantor asosiasi yang bersangkutan, misalnya ke DPD REI DKI Jakarta, untuk menyampaikan masalah yang Anda hadapi terkait pengembang.

Nantinya akan ada tim dari REI yang akan membantu penyelesaian masalah. Tim penyelesaian dari asosiasi ini sifatnya hanya menjembatani musyawarah antara pengembang yang bermasalah dengan konsumen yang merasa dirugikan. Dalam hal ini, asosiasi tidak masuk ke ranah hukum pengadilan dalam membantu penyelesaian masalah.

“Organisasi tidak punya kapasitas penyelesaian masalah melalui pengadilan,” ucap Amran menegaskan. Walau begitu, membeli rumah dari pengembang setidaknya meringankan beban Anda dalam menyaring mana pengembang yang berkualitas atau tidak. Jadi, pastikan membeli rumah dari pengembang yang sudah terdaftar di asosiasi ya.

Alat untuk rumah tangga sebagai sumber listrik cadangan adalah genset. Pada saat listrik dari PLN sedang padam genset berperang menjadi sumber listrik. Harga genset untuk rumah tangga yang murah bisa didapatkan dari distributor jual genset 1000 kva di Malang. Salah satu distributor resmi genset di Malang adalah PT. Rajawali Indo yang memberikan garansi serta harga diskon di setiap pembelian unit baru.