Memilih perangkat keras untuk PC

Teknorus.com – Artikel ini tidak akan membahas terlalu dalam bagaimana Anda memilih PC secara lengkap, karena titik berat artikel ini adalah pada perangkat pendukungnya saja. Anda bisa menemukan ulasan pemilihan PC yang lengkap pada edisi lain yang mengkhususkan perakitan PC. Meski begitu, pada bagian ini Anda akan tetap menemukan panduan memilih PC, walau hanya garis besarnya saja. Karena pada dasarnya, sebuah PC mutlak diperlukan.

Baca juga : Gudang Movie

Tetapi, bukan berarti Anda perlu membangun PC dengan spesifikasi yang terlalu “wah”, apalagi hanya untuk sekadar menonton film kesayangan. Hal ini bukan hanya menyinggung masalah dana ketika Anda membeli perangkat tersebut, tetapi juga efisiensi jangka panjang dari segi konsumsi listriknya. Akan tidak efisien jika menggunakan perangkat mahal dan boros daya hanya untuk sekedar menonton video.

Lagipula, jika demikian kebutuhannya, Anda sebenarnya tidak memerlukan PC. Cukup pasangkan hard disk eksternal ke HDTV yang mempunyai konektor USB. Jika Anda bertujuan ingin menghubungkan TV dan PC dengan alasan pekerjaan, pilihan menggunakan PC memang patut diperhitungkan dengan seksama. Jika Anda menggunakan PC ini untuk bekerja, mungkin Anda tidak perlu membangun spesifikasi yang kelewat mahal, termasuk alternatif memilih monitor yang kami bahas sebelumnya.

Anda bisa menggunakan motherboard dengan form factor Mini-ITX yang hemat energi, berukuran lebih kecil, juga lebih terjangkau. Kelebihan lain dari MiniITX adalah suhunya yang relatif lebih rendah. Hal ini dikarenakan motherboard Mini-ITX mampu melepas panasnya secara pasif. Penggunaan prosesor AMD seri A sebagai “otak” bisa jadi alternatif yang baik, karena teknologi APU-nya mampu memberikan tampilan grafis yang lebih baik daripada Intel GMA.

Harganya pun tetap terjangkau. Selain itu, penggunaan hard disk seri low power juga lebih disarankan. Contoh dari hard disk yang hemat energi adalah Western Digital Green atau Seagate LP. Berikutnya, optical drive yang sudah mendukung Blu-ray akan sangat berguna jika Anda gemar menonton film beresolusi tinggi.