Mal Terbuka dan Superblok Mengisi Pusat Kota

Jika ditanya perihal pusat kota Medan, maka para penghuninya akan menjawab satu nama: Lapangan Merdeka Medan. Anda akan menemukan titik nol Medan di antara ruang terbuka tersebut. Di sisi barat lapangan, terdapat sebuah mal terbuka seluas 6600m2 yang populer sebagai jantung kota masyarakat Medan, yakni Merdeka Walk.

Konsepnya pun tak seperti mal kebanyakan yang membatasi gerakan pengunjungnya dengan “hutan” beton, melainkan menghadirkan ruang lapang dengan jalan-jalan pedestrian yang luas. Wisata kuliner, butik-butik cantik, serta pusat keramaian lainnya terdapat di sana.

Tak jauh dari Merdeka Walk tadi, sebuah kawasan superblok seluas 5,2ha tengah dibangun, dan direncanakan akan rampung pada tahun 2017. Kawasan tersebut bernaung di bawah bendera Agung Podomoro Land, dengan tajuk Podomoro City Deli Medan.

Genset 1000 Kva untuk Mal

Menurut Matius Jusuf, Direktur dari Podomoro City Deli Medan, kawasan yang menggantikan Daily Plaza Mall ini terdiri atas beragam fungsi, mulai dari gedung perkantoran, apartemen, mal, hingga taman. “Konsepnya mengadaptasi konsep Central Park yang terdapat di Jakarta Barat, lengkap dengan Tribeca Park di tengahnya,” ujar Matius.

Pria ini pun menambahkan, dengan adanya kawasan superblok ini, kebiasaan masyarakat Medan yang lebih senang menghabiskan akhir pekannya di negeri tetangga seperti Singapura dan Malaysia akan berkurang. Kawasan superblok ini pun dirancang oleh DP Architect, konsultan arsitek dari Singapura, yang akan menghadirkan nuansa modern seperti di tempat asalnya. “Jadi, enggak perlu susah-susah ke negeri orang untuk merasakan suasana seperti di Orchard, kan?” ujarnya.

Selain APL, nama pengembang besar lainnya, Ciputra Group, tak ingin ketinggalan menanamkan investasi di Medan. Di pinggiran kota, tepatnya di daerah Cemara, Ciputra tengah membangun CitraLand Bagya City Medan, yang diisi oleh hunian berkelas, rumah toko (ruko), serta pusat perbelanjaan berkualitas.

Sebuah mall dengan bangunan yang menjulang tinggi dan didalamnya terdapat banyak sekali kios kios untuk berjualan tentu saja membutuhkan listrik yang besar. Walaupun sudah menggunakan trafo tersendiri untuk bangunan seperti mall tersebut namun tetap saja dibutuhkan sebuah genset sebagai sumber energi alternatif.

Mesin genset diesel yang murah untuk mal bisa didapatkan dari suplier distributor resmi genset 1000 kva di Banjarmasin. Karena disana harga dapat dinegosiasikan sampai deal dan mesin yang original serta bergaransi. Dengan begitu tidak perlu khawatir mengenai kualitas genset tersebut karena terjamin awet dan irit bahan bakar.