Kawasan Yang Sudah Mapan

Didominasi oleh perumahan lama, namun terdapat pengembang besar dengan fasilitas lengkapyang bercokol di kawasan ini. Kereta rel listrik (KRL) kini menjadi pilihan alternatif warga kota Bekasi Barat yang belakangan terus bertambah peminatnya. Selain penumpang baru, tidak sedikit warga yang tadinya mengandalkan angkutan umum—seperti bus—beralih menggunakan jasa KRL.

Semua beralasan bahwa menggunakan jasa KRL lebih cepat waktu tempuhnya dibandingkan jasa angkutan lainnya. Di Stasiun Kranji misalnya. Banyak warga perumahan yang benar-benar mengandalkan KRL sebagai transportasi utama ketika bekerja. Mereka kebanyakan berasal dari warga perumahan Vila Indah Permai, Duta Kranji, dan Bumi Fajar Indah, yang hanya berjarak 1—5 km saja dari stasiun.

Tak heran bila parkir motor dan mobil selalu penuh sesak memadati parkiran stasiun dan banyak angkutan umum yang menaik-turunkan penumpang di jalan depan stasiun. Stasiun Kranji biasanya ramai pada hari Senin sampai Jumat di jam kerja, seperti pukul 5:30— 8:00 dan pukul 17:00—19:00.

Stasiun Kranji dapat Anda akses dengan angkutan umum 03 via Jalan Baru atau Bintara dari Pasar Perumnas. Selain Stasiun Kranji, untuk Anda yang berada di kawasan Bekasi Barat, Anda juga dapat mengakses Stasiun Cakung. Jarak Stasiun Kranji dan Cakung yang hanya sekitar ±1km (5 menit) ini semakin mempermudah akses Anda menuju Ibu Kota.

Potret Kawasan Bekasi Barat

Tidak banyak ditemukan jalan berlubang di kawasan Bekasi Barat, mulai dari Bintara sampai Kranji. Semua jalan umum hampir semuanya telah diaspal. Hal inilah yang membuat kawasan ini patut diperhitungkan untuk Anda yang mau membeli hunian di sini atau sekadar investasi. Hanya saja, volume jalanannya memang tidak terlalu besar sehingga seringkali menyebabkan kemacetan di beberapa titik, seperti pasar.

Fasilitas umum yang terdapat di kawasan ini ialah RS Mitra Keluarga Bekasi Barat, Indogrosir, Giant, Pasar Kranji, Naga Swalayan, Kantor Kecamatan Bekasi Barat, Pos Polisi, dan Grand Mall Bekasi. Selain itu, bergeser sedikit dari Stasiun Kranji, sekitar 600m terdapat Radja Bangunan, tempat di mana Anda dapat membeli perlengkapan rumah tangga.

Perumahan Lama Masih Mendominasi

Menyusuri jarak 5km dari Stasiun Kranji dan Stasiun Cakung, tak banyak ditemukan perumahan baru. Perumahan lama yang mendominasi kawasan ini. Hal ini disebabkan oleh tidak banyaknya lahan kosong yang dapat digarap menjadi perumahan baru. Jadi, jika Anda tertarik mencari di area ini harus mencari rumah seken.

Untuk perumahan baru masih tersedia dan dapat menjadi pilihan Anda, di antaranya Kota Harapan Indah, Bintara Residence, dan Vila Mutiara Gading 3. Hunian yang saat ini tersedia di Harapan Indah, yaitu klaster Samata. Rumah 2 lantai ini menawarkan berbagai pilihan tipe, antara lain tipe Ambara (130/250), Amala (104/171), Prasanna (80/133), dan Arsanta (69/114).

Klaster ini dibanderol mulai dari Rp1,1 milyaran. Selain itu, terdapat apartemen Bintara yang masih berupa lahan kosong, namun unitnya sudah 50% terjual. Untuk Bintara Residence, harga perumahan yang ditawarkan oleh Vila Mutiara Gading 3 lebih terjangkau. Untuk tipe 36/120 harganya ialah Rp357,5 jutaan. Pada akhirnya, memilih perumahan di dekat stasiun KRL bagi warga Bekasi Barat lebih banyak keuntungan yang akan didapat mengingat kemacetan menuju jantung Ibu Kota yang semakin tidak bisa ditolerir.

Hunian ini pun sangat cocok untuk Anda yang memiliki pekerjaan di Ibu Kota. Setidaknya, pilihan menggunakan moda transportasi KRL dapat mengurangi waktu tempuh Anda dari rumah ke tempat kerja.

Sebuah hunian tentunya tak lengkap jika belum ada genset. Dengan adanya genset say good bye to mati listrik. Harga genset Mitsubishi 5000 watt untuk rumah tangga bisa didapatkan dengan harga murah. Apabila membelinya di distributor resmi genset Mitsubishi.