Berapa Lama Bisa Langsing Lagi

Betul Mama pasti ingin segera bisa mengenakan celana jeans lama atau bergaya dengan little back dress kembali saat berpesta. Tapi bagaimana bisa kalau badan masih melar? Sabar Mam, modal untuk menurunkan berat badan (selain kemauan keras) adalah kesabaran serta fokuslah pada kesehatan. Memang agak iri sih kalau melihat para seleb yang cepat banget menurunkan BB mereka. Tapi mungkin saja mereka melakukannya dengan cara yang enggak baik untuk tubuh. Seperti melakukan diet yang sangat… sangat ketat.

CANANGKAN TARGET

Meskipun penting untuk fokus pada kesehatan, namun Mama juga sebaiknya punya target. Satu studi menunjukkan sekitar 4 dari 10 mama berhasil kehilang an berat badan kehamilan mereka pada saat si kecil berusia 6 bulan. Namun jika sebelum hamil Mama sudah gemuk, tentu akan memakan waktu lebih lama. Jadi, berusahalah untuk membuat target yang realitis, misal, Mama akan kembali ke BB ideal saat ulang tahun pertama buah hati. Memang akan penuh tantangan untuk itu, tetapi tetaplah berusaha menurunkan BB sebelum Mama mencoba memiliki bayi lagi. Hal ini sangat penting. Sebab kehamilan yang dimulai dengan kelebihan BB dapat meningkatkan risiko komplikasi, termasuk tekanan darah tinggi dan diabetes gestasional serta meningkatkan kemungkinan melahirkan bayi besar. Jadi, siap menurunkan BB? Kembali langsing setelah melahirkan dapat membantu Mama mengelola berat badan dalam jangka panjang. Ini akan memiliki dampak kesehatan yang lebih luas, seperti memotong risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung koroner, dan beberapa jenis kanker. Untuk caranya, mungkin tip-tip ini bisa dijadikan inspirasi:

Jangan diet.

Ini mungkin terdengar aneh. Tapi menjalankan diet “resmi” bisa menggagalkan tujuan penurunan berat badan. Merasa kehilangan makanan favorit di saat Mama harus menjalankan peran baru sebagai ibu benar-benar sulit. Jadi biarkan BB turun alami. Namun berusahalah untuk selalu sarapan, makanlah setidaknya lima porsi buah dan sayuran sehari dan lebih banyak nikmati makanan kaya serat seperti gandum, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Cari “makanan super”.

Ini adalah makanan yang penuh nutrisi, namun rendah kalori dan lemak. Ikan laut dalam (salomon, sarden, dan tuna) merupakan salah satu “makanan super” karena mengandung DHA, omega-3 asam lemak esensial yang membantu si kecil mengembangkan otak dan sistem saraf yang sehat. Susu dan yoghurt juga makanan super karena tinggi kalsium yang baik untuk menjaga tulang kuat. Jangan lupa protein. Daging tanpa lemak, ayam, dan kacangkacangan rendah lemak merupakan makanan tinggi protein dan serat sehingga membuat Mama merasa kenyang lebih lama.

Sedangkan untuk anak yang ingin mahir dalam berbahasa asing khususnya bahasa Prancis dapat mengikuti bimbingan belajar di tempat les terbaik bahasa Perancis di Jakarta.