Berapa Lama Bisa Langsing Lagi Bagian 2

Menyusui.

Apakah menyusui benar-benar dapat membantu Mama menurunkan berat badan? Beberapa studi menemukan, menyusui secara eksklusif dapat membantu Mama kembali ke berat badan lebih cepat, namun studi lainnya tidak menemukan perbedaan dalam penurunan berat badan antara perempuan yang menyusui dan yang tidak. Yang pasti menyusui baik untuk si kecil, dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan memberikan sejumlah manfaat kesehatan penting lainnya. Namun jangan jadikan menyusui sebagai alasan untuk makan apapun yang Mama inginkan.

Minum.

Minum cukup air sepanjang hari selain mencegah Mama dari dehidrasi, juga dapat membuat Mama tidak makan banyak. Beberapa penelitian bahkan menemukan kebiasaan ini bisa mempercepat metabolisme. Kecukupan cairan bisa ditandai dengan urine yang relatif jernih dan Mama pergi ke toiket setiap tiga sampai empat jam sekali.

Bergerak!

Mengatur pola makan tentu penting, tapi itu hanya satu bagian dari rencana penurunan berat badan Mama. Masukkan juga latihan aerobik dan latihan beban untuk membakar kalori dan menjaga otot serta tulang yang kuat. Enggak harus nge-gym, berjalan cepat dengan mendorong bayi di stroller cukup untuk jantung memompa darah dengan baik dan membuat otot bekerja. Tambahkan beberapa latihan beban. Tapi sebelum memulai program latihan apapun, dapatkan persetujuan dokter, terutama bagi mama yang habis menjalani operasi sesar.

Tidurlah.

Untuk para mama baru memang tampaknya mustahil bisa memenuhi tidur selama 8 jam. Tetapi kurang tidur bisa membuat Mama lebih sulit menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menguak, mama baru yang tidur 5 jam atau kurang, berat badannya cenderung sulit turun daripada perempuan yang tidur tujuh jam. Ketika lelah, tubuh melepaskan kortisol dan hormon stres lainnya yang dapat meningkatkan berat badan. Saat lelah, Mama juga cenderung jadi malas mengurus diri sendiri, makan seenaknya dan enggan berolahraga. Jadi, curi-curilah waktu tidur saat bayi tidur meski itu di siang hari, lalu berusahalah tidur lebih awal di malam hari.

Meminta bantuan.

Jika pada target yang sudah ditentukan, BB ideal belum tercapai juga, mungkin sudah saatnya Mama berkonsultasi dengan ahli gizi dan trainer kebugaran. Ahli gizi dapat membantu Mama merancang diet yang aman dan efektif. Sementara trainer kebugaran dapat membimbing Mama dalam melakukan olahraga yang efektif untuk menurunkan berat badan.