Belajar Kelompok Lewat Web Bagian 2

Banyak siswa yang merasakan keunggulan dari belajar bersama, seperti pembahasan yang lebih efektif, kesesuaian terhadap tingkat pengetahuan, dan gaya belajar favorit siswa. Di samping itu dengan menerangkan suatu ilmu ke rekan yang lain, secara tidak langsung juga membuat kita mengulang atau merefresh apa yang sudah kita pelajari di kelas atau dari buku pelajaran. Lalu, bagaimana sejarah pengembangan Brainly.co.id itu sendiri?

Melihat keunggulan Brainly, akhir tahun 2013, saya yang sedang mengambil program doktor di Krakow, Polandia bergabung untuk mengembangkan Brainly di Indonesia. Kebetulan saya juga tertarik terhadap dunia IT dan pendidikan. Dalam waktu 5 bulan pertama, Brainly Indonesia sudah diakses lebih dari 78 kota mulai dari Sabang hingga Merauke. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat perkembangan teknlogi mempengaruhi cara belajar dan siswa dalam berinteraksi. Ibaratnya, Brainly menjadi semacam kelas raksasa di mana seluruh siswa dapat berinteraksi dan belajar bersama.

Diharapkan Brainly mampu menjembatani ketimpangan kualitas pendidikan di Indonesia karena adanya faktor geografi, ekonomi, sosial budaya, dan infrastruktur yang berbeda beda tiap wilayah. Bagaimana animo pengguna Brainly. co.id? Brainly mencatat bahwa Indonesia adalah negara yang pertumbuhan penggunanya tercepat. Setelah lima bulan semenjak pertama kali diluncurkan, Indonesia sudah memiliki lebih dari 120 ribu user yang teregistrasi dan dikunjungi lebih dari 1 juta unique user tiap bulannya.

Dari sisi kunjungan Brainly Indonesia tumbuh sebesar 3000 % berdasar rata rata mingguan dari data mingguan bulan Desember hingga saat ini. Indonesia juga merupakan pasar dengan performa terbaik untuk seri rapid release diikuti Rumania dan Italia. Bisa dijelaskan aspek bisnis yang diterapkan oleh Brainly? Atau, apakah memang Brainly tidak berfokus pada profit? Brainly pada tahun 2013 mendapatkan modal dari Joint Venture Point Nine Capital sebesar 500 ribu US dollar.

Kemudian untuk membiayai operasional, Brainly mendapatkan pemasukan dari iklan Google Adwords. Untuk memenuhi kebutuhan operasional yang terus meningkat, Brainly saat ini sedang melakukan fund raising dan mencoba mencari investor yang perduli terhadap dunia pendidikan. Tahapan yang ingin dicapai Brainly adalah dalam satu tahun ke depan Brainly ingin lebih menekankan unsur gamifikasi, seperti pelabelan user yang “jago” di sebuah bidang (trigonometri, aljabar, dan sebagainya).

Dengan begitu pengguna (user) baru dapat lebih akurat dalam bertanya ke seorang user yang ahli. Ke depannya Brainly berharap untuk mampu independen dan tidak menampilkan iklan di halaman Brainly. Aspek monetization diharapkan dapat berasal dari fitur yang bersifat edukasi, seperti adanya akun premium untuk tutorial khusus. Di samping itu saat ini Brainly berada pada titik growth di company life cycle, sehingga prioritas perusahaan belum mengarah ke profit taking tapi lebih ke arah growth dan pembentukan komunitas edukasi yang kuat.