5 Trik Merapikan peralaTan di dapur Mungil

Dapur yang rapi membuat suasana memasak jadi menyenangkan. Untuk dapur kecil, simak tips penyimpanan ini! Kegiatan memasak merupakan aktivitas rutin yang harus Anda kerjakan. Wajar bila Anda mendambakan dapur yang tertata rapi sebelum dan sesudah masak. Namun, dapur yang rapi bisa menjadi impian belaka ketika area penyimpanan yang ada relatif sempit. Ini bisa terjadi lantaran luas dapur yang mungil dan organisasi barang yang buruk.

Alhasil, banyak benda diletakkan begitu saja setelah memasak dan meninggalkan pemandangan yang tak sedap. Untuk menghindari dapur berantakan, Anda harus melakukan organisasi penyimpanan yang baik dan tepat agar aktivitas memasak jadi lebih menyenangkan. Berikut ini, 5 tips agar dapur mungil selalu rapi.

  1. Pisahkan bumbu-bumbu di lemari khusus. Selain mempermudah, bumbubumbu cenderung menimbulkan bau. Bau tersebut akan mencemari bahan lain bila penyimpanannya disatukan. Agar bumbu tetap segar, tempatkan di tempat yang kering.
  2. Peralatan makan, seperti sendok dan garpu, dapat Anda simpan di tempat yang sama. Selain tempat penyimpanan menjadi rapi, cara ini memudahkan dan mempersingkat waktu mencari. Namun, piring dan sendok yang digunakan sehari-hari dapat Anda letakkan di dekat meja makan, sedangkan gelas-gelas dapat diletakkan di dapur bersih. Cangkir yang jarang digunakan dapat Anda letakkan di lemari tertutup di bagian atas.
  3. Tempatkan peralatan sesuai frekuensi penggunaan. Untuk semua alat memasak yang jarang sekali digunakan, bisa diletakkan di bagian atas. Lalu, simpan barang sesuai ukuran, misalnya barang kecil di laci atas, barang sedang di laci tengah, dan barang besar di laci bawah. Namun, bila bingung dengan pola tersebut, Anda bisa meletakkan perabot sesuai fungsinya. Misalnya, tempatkan panci di kabinet yang paling atas atau tempatkan centong di kabinet yang berada di bawah kompor.
  4. Simpan peranti yang jarang digunakan di dalam lemari. Contoh peralatan dapur yang tidak digunakan setiap hari adalah peralatan memasak kue, seperti mixer, loyang, dan cetakan kue. Anda dapat menyimpan benda-benda ini di lemari sehingga tidak memenuhi dapur Anda.
  5. Agar kabinet Anda punya banyak ruang kosong, gantung beberapa peralatan masak pada dinding. Selain menghemat tempat, cara ini mempermudah Anda saat mengambil dan mengembalikan peralatan memasak.

Selain merapikan dapur agar tetap bersih sehingga nyaman digunakan tentunya perlu ditambahkan sebuah genset sebagai sumber listrik alternatif. Tak akan nyaman bukan jika sedang memasak menggunakan alat elektronik tiba tiba listrik padam. Genset Perkins adalah merk genset terbaik untuk rumah tangga. Harga genset Perkins 100 Kva bisa dinegosiasikan apabila Anda membelinya di Distributor resmi PT. Rajawali Indo.