5 Hal Seputar Kolam Ikan

Ukuran yang pas serta elemen pendukung yang tepat jadi kunci kolam ikan mudah dirawat dan tampil indah. Yuk kita simak 5 hal yang harus diperhatikan sebelum Anda membuat kolam ikan. Memiliki kolam ikan di rumah ternyata punya banyak kegunaan. Di samping menyalurkan hobi, kolam ikan juga bisa jadi elemen dalam mempercantik eksterior. Mau kecil atau besar, kolam ikan yang cantik bisa membawa kesan alami yang indah untuk eksterior. Namun, sebelum membuat kolam ikan, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar kolam ikan yang Anda buat sesuai dengan keinginan. Ini dia beberapa tip yang perlu Anda perhatikan ketika akan membuat kolam ikan.

UKURAN KOLAM Sesuaikan ukuran kolam ikan dengan luas lahan yang Anda miliki. Besarnya kolam ikan biasanya 10%—20% dari luasnya halaman yang Anda miliki. Sesuaikan juga model kolam ikan dengan luasnya halaman. Untuk halaman yang kecil, disarankan untuk membuat kolam ikan dengan model minimalis seperti persegi atau persegi panjang.

JENIS IKAN Setelah memiliki ukuran kolam yang pas, tentukan jenis ikan yang tepat. Ada beberapa jenis ikan yang membutuhkan kedalaman kolam ikan tertentu agar ikan tersebut hidup dengan baik. Misalnya, kolam ikan koi sebaiknya dibuat dalam, minimal 2m. Jumlah ikan dalam satu kolam juga perlu diperhatikan. Jika ikan berukuran besar, maka jangan letakkan dalam jumlah yang banyak.

PENYARING AIR Agar kolam terjaga kebersihannya, pasang penyaring air atau filter pada kolam ikan. Kolam ikan yang menggunakan penyaring air akan lebih mudah dalam perawatannya. Ikan yang hidup di kolam berpenyaring air juga bisa lebih tahan lama karena kadar oksigen dalam air bisa tetap terjaga dan kotoran bisa tersaring ke penyaring air.

TANAMAN SEKITAR KOLAM Jenis tanaman yang ditanam di sekitar kolam juga penting diperhatikan. Tanaman yang tepat bisa menghindari kolam ikan cepat kotor akibat daun-daun kering yang jatuh dari tanaman di sekitar kolam. Anda bisa memilih tanaman jenis palem-paleman yang berdaun lebar. Jika daun palem mengering dan jatuh ke kolam, Anda akan lebih mudah mengambilnya karena ukuran daun yang lebar. Jangan tanam tanaman semak di sekitar kolam. Karena kolam termasuk area yang sering basah, tanaman semak bisa menjadi tempat bersarangnya hewan dan serangga yang suka tempat lembap seperti cacing dan bekicot. Hewan dan serangga tersebut pastinya akan merusak keindahan area sekitar kolam ikan Anda. Hindari juga menanam tanaman dengan daun yang kecilkecil dan sering rontok, sebab kolam ikan jadi cepat kotor akibat guguran daun dari pohon tersebut.

PERAWATAN KOLAM Langkah penting yang terakhir adalah perawatan kolam. Penggunaan penyaring air dapat membantu kebersihan kolam tetap terjaga. Namun, Anda juga harus rutin membersihkan kolam ikan dengan cara mengurasnya. Lakukan pengurasan minimal sebulan sekali. Gunakan sikat dan spons pembersih untuk menguras kolam. Saat menyikat lumut, jangan sikat lumut sampai habis. Sisakan sedikit lumut, karena lumut juga bisa jadi makanan untuk ikan.

Agar mesin filter air pada kolam ikan tetap menyala disaat sedang terjadi pemadaman listrik perlu adanya sebuah genset sebagai sumber listrik cadangan. Harga genset yang murah bisa didapatkan melalui Distributor jual genset 650 Kva di Yogyakarta.